Aktivitas Gunung Kaba Meningkat - Lintas Info
Headlines News :
Home » , , » Aktivitas Gunung Kaba Meningkat

Aktivitas Gunung Kaba Meningkat

Aktivitas Gunung Kaba Meningkat
Liputan6.com, Bengkulu: Gunung Bukit Kaba dengan ketinggian mencapai 1952 meter dari permukaan laut dalam dua bulan terakhir mengalami peningkatan kadar asam belerang. Berdasarkan catatan petugas pos pengamatan Sigit Widianto, Jumat (12/11), dalam sebulan terakhir gunung ini mengalami gempa vulkanik hampir sepuluh kali setiap hari.
Namun dalam tiga hari terakhir pos pengamatan yang berada di Desa Sumber Urip, Rejang Lebong, mencatat aktivitas gunung sedikit menurun. Kendati demikian petugas pengamatan belum berani menurunkan status waspada gunung yang sudah berlaku sejak tahun lalu.
Meski ada peningkatan, warga yang tinggal di lereng gunung yang sebagian besar petani sayur tetap melakukan kegiatan seperti biasa. Petugas pos pemantau hanya mengimbau warga dan pendaki untuk tidak mendekat kawah saat hujan karena khawatir akan mengeluarkan abu yang mengandung gas beracun.
Gunung Bukit Kaba pernah mengeluarkan erupsi pada 1833 dan menelan korban 126 jiwa meninggal. Pada 1977 sempat terjadi embusan solfatara, namun berintensitas lemah sehignga tidak menelan korban jiwa.(IAN)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

mainpageads

.
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Kang Lintas
Copyright © 2011. Lintas Info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Blogger