Status Karangetan Waspada, Lokon Siaga - Lintas Info
Headlines News :
Home » , , » Status Karangetan Waspada, Lokon Siaga

Status Karangetan Waspada, Lokon Siaga

Liputan6.com, Manado: Gunung api Karangetang di Kabupaten Sitaro berada dalam status waspada, sementara Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, dinyatakan berstatus siaga. "Masyarakat yang berada di kaki gunung Karangetan sebaiknya selalu waspada, karena hampir setiap saat selalu beraktivitas," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah Sulut, Hoyke Makarawung, di Manado, Selasa (9/11).
Bahkan Gunung Karangetan sempat beraktivitas pada Agustus 2010 lalu dan menyebabkan ribuan warga harus mengungsi ke lokasi aman serta empat warga meninggal tertimbun longsor material vulkanik.
Sementara Gunung Lokon belum menunjukan tanda-tanda aktivitas berarti, hanya saja sudah dikeluarkan peringatan siaga dari petugas gunung berapi di daerah itu. "Pemerintah daerah terus memonitor kondisi dua gunung itu," katanya.
Pemerintah daerah belum mengeluarkan peringatan pindah dari kaki Gunung Karangetan karena memang ada indikasi bahaya. "Hanya saja gunung Karangetan sewaktu-waktu bisa batuk (mengeluarkan abu vulkanik) seperti terjadi pada Agustus 2010 lalu dengan diikuti muntahan lava dingin," jelasnya.(ADO/Ant)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

mainpageads

.
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Kang Lintas
Copyright © 2011. Lintas Info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Blogger